ingatlah saat ini

Kamis, 15 Desember 2011

sistem pendukung keputusan

A.SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Sistem pendukung keputusan (decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan)) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.Dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.
Menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa.
Tahapan SPK:
  • Definisi masalah
  • Pengumpulan data atau elemen informasi yang relevan
  • pengolahan data menjadi informasi baik dalam bentuk laporan grafik maupun tulisan
  • menentukan alternatif-alternatif solusi (bisa dalam persentase)
Karakteristik Sistem Pendukung Keputusan
Dari pengertian Sistem Pendukung Keputusan maka dapat ditentukan karakteristik antara lain :
1.   Mendukung proses pengambilan keputusan, menitik beratkan pada management by perception
2.   Adanya interface manusia / mesin dimana manusia (user) tetap memegang control proses pengambilan keputusan
3.   Mendukung pengambilan keputusan untuk membahas masalah terstruktur, semi terstruktur  dan tak struktur
4.   Memiliki kapasitas dialog untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan
5.   Memiliki subsistem – subsistem yang terintegrasi sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi sebagai kesatuan item
6.   Membutuhkan struktur data komprehensif yang dapat melayani kebutuhan informasi seluruh tingkatan manajemen
Alasan system pendukung keputusan
Alasaan adanya system pendukung keputusan adalah untuk membantu pengambil keputusan dengan melengkapi mereka dengan informasi dari data yang telah diolah dengan relevan dan diperlukan untuk membuat keputusan tentang suatu masalah dengan lebih cepat dan akurat. Sehingga sistem ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan pengambilan keputusan dalam proses pembuatan keputusan. Adapun alas an yang lain adalah
  • Membantu menyelesaikan masalah semi-terstruktur
  • Mendukung manajer dalam mengambil keputusan
  • Meningkatkan efektifitas bukan efisiensi pengambilan keputusan
Dalam pemrosesannya, SPK dapat menggunakan bantuan dari sistem lain seperti Artificial Intelligence, Expert Systems, Fuzzy Logic, dll.
Komponen Penyusun Sistem Pendukung Keputusan
Suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) memiliki tiga subsistem utama yang menentukan kapabilitas teknis sistem pendukung keputusan, antara lain :
1.   Subsistem Manajemen Basis data
2.   Subsistem Manajemen Basis Model
3.   Subsistem Dialog
Kelebihan spk:
Kelebihan Sistem Pendukung Keputusan ini dapat : (1). Dapat menghemat waktu dalam pengambilan keputusan. (2). Dapat dengan mudah mengetahui perkiraan tingkat keuntungan yang akan diberikan perusahaan
Contoh
. Salah satu contoh adalah sistem pendukung keputusan klinis untuk diagnosis medis . Contoh lain termasuk seorang petugas pinjaman bank memverifikasi kredit dari pemohon pinjaman atau sebuah perusahaan rekayasa yang memiliki tawaran pada beberapa proyek dan ingin tahu apakah mereka dapat bersaing dengan biaya mereka.
DSS secara luas digunakan dalam bisnis dan manajemen. dashboard Eksekutif dan software bisnis lainnya memungkinkan kinerja lebih cepat pengambilan keputusan, identifikasi tren negatif, dan alokasi sumber daya bisnis yang lebih baik.
Sebuah daerah berkembang dari aplikasi DSS, konsep, prinsip, dan teknik dalam produksi pertanian , pemasaran untuk pembangunan berkelanjutan . Sebagai contoh, paket DSSAT4, [15] [16] dikembangkan melalui dukungan finansial dari USAID selama 80 dan 90-an, telah memungkinkan penilaian cepat dari beberapa sistem produksi pertanian di seluruh dunia untuk memfasilitasi pengambilan keputusan di pertanian dan tingkat kebijakan. Namun demikian, banyak kendala untuk adopsi sukses di DSS di bidang pertanian. [17]
DSS adalah juga lazim dalam pengelolaan hutan di mana kerangka perencanaan jangka waktu tuntutan persyaratan tertentu. Semua aspek manajemen hutan, dari log, penjadwalan panen transportasi untuk perlindungan ekosistem keberlanjutan dan telah ditangani oleh DSSS modern.
Sebuah contoh yang spesifik menyangkut Kereta Api Nasional Kanada sistem, yang tes peralatan secara teratur menggunakan sistem pendukung keputusan. Sebuah masalah yang dihadapi oleh setiap kereta api yang rel aus atau rusak, yang dapat mengakibatkan ratusan derailments per tahun. Dalam DSS, CN berhasil mengurangi kejadian derailments pada saat yang sama perusahaan lain yang mengalami kenaikan.



REFRENSI
kafeilmu.com/tema/contoh-kasus-sistem-pendukung-keputusan.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar